Reaksi tubuh saat jatuh cinta

banyak hal menarik lainnya pada tubuh yang terjadi pada saat jatuh cinta. Berikut tujuh hal diantaranya mengutip laman Health, Selasa (7/11/2017).

1. Rasanya seperti kecanduan narkoba

Apapun yang terjadi saat Anda sedang jatuh cinta, bawaannya selalu bahagia. Peneliti dari Rutgers University Amerika Serikat menemukan alasannya.

Rupanya jatuh cinta itu rasanya sepati orang yang kecanduan narkoba. Ada pelepasan dopamin, oksitosin, adrenalin yang membuat seseorang jadi euforia.

2. Telapak tangan basah dan pipi bersemu merah

Jelang kencan pertama dengan pasangan, masih ingat rasanya? Sebagian besar mengalami detak jantung yang meningkat, telapak tangan basah, dan pipi bersemu merah. Betul begitu?

"Ini sebenarnya adalah stimulasi adrenalin dan norephinephrine. Hal ini yang menyebabkan munculnya keinginan fisik dan memusatkan perhatian hanya padanya," kata seksolog Kat Van Kirk.

Saksikan video menarik berikut:

3. Pupil melebar

Ketika Anda tertarik pada seseorang, hal tersebut membuat sistem saraf simpatik bereaksi. Salah satunya menyebabkan pupil mata jadi lebih lebar.

4. Nafsu makan berkurang

Kirk mengatakan wajar bila saat jatuh cinta malah membuat Anda jadi tak nafsu makan. Ini adalah cara tubuh mengatakan pada Anda bahwa memang benar-benar menyukai sosok itu. Namun, seiring berjalannya waktu Anda akan nyaman dengannya. Nafsu makan pun kembali normal.

5. Punya kekuatan lebih dari biasanya

Rela mengantar pacar pulang ke rumahnya yang jauh, terus mengobrol walau sudah lewat tengah malam, mau kehujanan dan aneka hal ajaib lain bisa terjadi pada saat seseorang jatuh cinta. Rasanya kuat dan sanggup saja.Dan ada alasan ilmiah dibalik kekuatan itu.

"Oksitosin yang dilepaskan sistem saraf saat jatuh cinta sebenarnya meningkatkan toleransi tubuh terhadap rasa sakit fisik," kataa Kirk.

6. Suara lebih tinggi

Menurut sebuah penelitian di 2011, ilmuwan menemukan suara wanita jadi lebih tinggi ketika berbicara pada orang yang disukainya. Selain itu, suara wanita juga jadi lebih feminin.

7. Tulang lebih kuat

Bagi pria yang memiliki hubungan stabil baik dalam pacaran atau pernikahan ternyata memiliki tulang lebih kuat. Namun, hal ini hanya terjadi pada pria yang memiliki pasangan yang mendukungnya.


Postingan terkait: