Bukan cantik atau ganteng yg membikin mempesona

Friends, banyak orang yang setuju bahwa keindahan wajah hanya sebatas kulit, keindahan hatilah yang paling utama. Pendapat tersebut memang patut untuk diiyakan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa penampilan luar seseorang, baik itu laki-laki maupun perempuan, seperti style berbicara hingga aroma tubuh juga sering menjadi kesan yang tidak bisa dilupakan dan bahkan menjadi kriteria penilaian terhadap pesona diri kita.

Nah, selain cantik atau ganteng, terdapat 7 hal yang bisa memancarkan pesona atau karisma dirimu di mata orang lain. Apa itu? Check it out.

1. Sikap yang bersahaja

Friends, kamu pasti setuju bahwa baik itu laki-laki maupun perempuan yang berpenampilan sederhana atau sewajarnya sangat menyejukkan pandangan mata. Pembawaan diri yang bersahaja tidak berarti rendah diri lho, tetapi lebih pada sikap rendah hati atau tidak sombong memamerkan kelebihan, misalnya: kekayaan atau kecerdasan yang dia miliki di depan umum. Percaya deh, bahwa sikap rendah hati itu sudah mencerminkan segala kualitas & kuantitas yang tidak kamu ucapkan atau perlihatkan di depan umum.

So, pembawaan yang bersahaja akan menjadi magnet bagi orang lain untuk memperhatikanmu karena kamu terlihat sebagai pribadi yang damai, bahagia, sertawelcome kepada siapapun.

2. Gaya bicara yang santun

Friends, kamu tidak usah ragu untuk mengekspresikan kondisi hatimu dengan jujur, misalnya untuk menyatakan rasa kagum, takjub, atau heran dengan kata “wow!”, “wah!”, “hebat”, “really?”, “luar biasa!”, “serius?”, dan mengungkapkan rasa simpati terhadap hal yang menyedihkan atau mengecewakan dengan kata-kata, seperti “maaf”, “nggak apa-apa”, “sabar, yah!”, “jangan khawatir”, “tenang aja”.

Ekspresikanlah hal-hal yang sesungguhnya ada di dalam hatimu. Namun, jangan abaikan pilihan kata & nada bicara yang sesuai dengan situasi, usia, dan tingkat keakraban dengan seseorang yang kamu ajak bicara. Percayalah, dirimu akan tampak karismatik dengan budi bahasa yang santun dibarengi dengan bahasa tubuh yang sopan.

3. Obrolan nyambung

Obrolan yang menyenangkan dapat tercipta jika kamu mendengarkan atau menyimak pembicaraan orang lain dengan antusias atau menjadi pendengar yang baik. Selain itu, tambahan humor juga dapat menjadikan obrolanmu semakin berkualitas. Ingat yah, bahwa fungsi humor itu bukan hanya membuat orang lain tertawa terbahak-bahak, melainkan untuk lebih mencairkan suasana.

So, obrolan yang menarik dapat tercipta dari perpaduan sikap yang antusias, menjadi pendengar yang baik, dan humor sewajarnya. Semua itu dapat memberikan kesan bahwa kamu adalah pribadi yang tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi juga seorang teman bicara yang bisa diandalkan.

4. Suara yang menyenangkan

Friends, percayakah kamu bahwa ekspresi tawa dapat dikatagorikan sebagai suara yang menyenangkan atau tidak menyenangkan. Cara kamu menyajikan vokalmu, seperti intonasi atau penekanan suara ketika berkomunikasi dengan orang lain dapat mencerminkan kepribadian dan obsesimu terhadap sesuatu.

Kamu pasti pernah merasa kesal bahkan takut ketika seorang berbicara kemudian tertawa terbahak-bahak atau melengking sehingga memberikan kesan bahwa dia ingin menguasai keadaan di sekitarnya.

Jadi, jaga suaramu tetap stabil. Namun, jangan takut untuk mengekspresikannya selama itu dalam batas-batas yang wajar.

5. Penampilan yang elegan

Penampilan yang elegan atau anggun tidak harus kamu tampilkan melalui pakaian dan aksesoris yang mahal. Kamu dapat menciptakannya melalui pakaian, tubuh, wajah, hingga rambut yang terawat & bersih. Perhatikan juga penggunaan model & warna pakaian yang serasi dengan tubuhmu, aksesoris, serta model rambut yang sesuai dengan kepribadianmu.

Perhatikanlah juga bahasa nonverbal, seperti gerak-gerik badan, ekspresi wajah, dan kontak mata terhadap orang lain karena dapat memengaruhi penampilanmu secara keseluruhan. Selain itu, berpenampilan sesuai dengan situasi dan kondisi di mana kamu berada sehingga dapat memancarkan aura positifmu yang menjadikan orang lain merasa nyaman saat memandangmu & berada di dekatmu.

6. Senyuman

Senyuman merupakan bahasa nonverbal untuk memperindah kecantikan wajah. Namun, senyuman untuk menghibur seseorang yang mengalami kekecewaan atau kesedihan adalah senyuman yang menyejukkan di mata orang lain.

Percayalah, tersenyum dapat membuatmu lebih rileks, percaya diri, menunjukkan persahabatan, dan memudahkan dirimu untuk berinteraksi  dengan orang lain. Banyak orang yang berparas biasa-biasa saja. Namun, terlihat menarik dan mempesona hanya dengan lengkungan di wajahnya itu. 

So, mulai sekarang tersenyumlah kepada orang lain dengan niat yang baik & tulus.

7. Aroma tubuh wangi/segar

Poin terakhir ini memang membutuhkan modal. Namun, tidak ada salahnya mengorbankan sedikit materi untuk tampilfresh, wangi, atau segar untuk membuat kamu menjadi lebih percaya diri. Selain itu, orang lain juga dapat merasa nyaman dan tenang ketika berada di sampingmu.

Bagi kaum wanita dapat memilih parfum dengan aroma vanila, kayu cendana, lavender, musk,violets, anggrek, melati, jeruk, dan lily, sedangkan kaum pria dapat memilih parfum dengan aroma bunga irish, aroma buah apel, orange & lemon, aroma khas kayu, aroma daun mint, dan aromaspicy. 

Friends, yakinlah bahwa keindahan hati yang terbaik. Namun, jangan lupakan bahwa penampilan luar merupakan hal pertama yang bisa membuka pintu hati orang lain untuk mengenali pesona hatimu itu.

Setiap Hari adalah Kesempatan Yang Baik Untuk Mengubah Hidup.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Postingan terkait: