STRATEGI PEMASARAN PRODUK KAPAL API



BAB I
PENDAHULUAN

I.I   Pokok Masalah
Saat ini, pasar kopi olahan sudah menjadi industri yang sangat terfragmentasi. Dengan lebih dari 500 perusahaan pengolahan kopi di Indonesia, maka tingkat persaingan di industri ini sudah pasti sangat tinggi. Secara garis besar, pemain di industri ini dapat dikategorikan ke dalam dua golongan, yaitu mereka yang menggarap pasar nasional dan mereka yang bermain di pasar-pasar lokal.Dari sudut pandang permintaan, pasar kopi bubuk di Indonesia masih memiliki potensi yang cukup besar,dibandingkan dengan Amerika Serikat.
Permasalahan sekarang adalah bagaimana pemanfaatan strategi pemasaran terhadap kemajuan teknologi yang semakin maju,disini Saya akan membahas beberapa strategi pemasaran tidak langsung yakni pemanfaatan internet,televisi dan iklan digital.
Strategi pertama penggunaan internet,yang menggunakan Web resmi PT.Kapal Api Indonesia,serta media sosial.Yang kedua adalah strategi pemasaran menggunakan iklan di televisi dan yang ketiga strategi pemasaran menggunakan papan iklan digital yang akan di pasang di pinggir jalan raya.

I.2   Tujuan Strategi Pemasaran

            Menurut   Chandra   (2002),   Strategi   pemasaran   merupakan   rencana   yang
menjabarkan  ekspektasi  perusahaan  akan  dampak  dari  berbagai  aktifitas  atau  program
pemasaran  terhadap  permintaan produknya  di  pasar  sasaran  tertentu.
Sedangkan  menurut  Kotler  dan  Amstrong  (1997),  strategi  pemasaran  adalah  pola  pikir
pemasaran yang akan digunakan oleh unit bisnis untuk mencapai tujuan pemasarannya.
            Dari sini dapat kami simpulkan bahwa pentingnya strategi pemasaran langsung atau melalui perantara.Saat ini Saya akan membahas stratetigi pemasaran tidak langsung karena menggunakan perantara media internet tv dan papan iklan digital dengan tujuan pemasaran secara menyeluruh kepada semua kalangan baik dewasa,remaja dan anak-anak sekaligus penanaman brand kepada mereka.

I.3  Tujuan Brand Comunikation

            Schneider beserta rekan-rekannya mengatakan bahwa brand adalah nama, istilah, desain, simbol, atau kombinasi dari berbagai hal tersebut yang mengidentifikasikan dan membedakan sebuah produk atau pelayanan dengan pesaingnya. Konsep tentang pembeda dilengkapi oleh Schneider dan rekan-rekannya. Pengertian itu sejalan dengan pengertian Alifahmi (2012) yang mengatakan “Sebuah merek (brand) merupakan persepsi yang berasal dari pengalaman atau informasi suatu produk. Karena itu, mereklah yang membedakan suatu produk dengan yang lain. “.
            Dengan kata lain tujuan brand itu sendiri adalah identitas produk perusahaan kepada calon pembeli.Seperti produk Kopi Kapal Api yang mempunyai brand bergambar kapal uap dengan laut berwarna hitam,dengan keunikan symbol tersebut konsumen akan mengingat ketika hendak membeli kopi saset(instan),inilah hasil dari komunikasi brand sukses.



I.4   Tujuan Konsumen
           
            Pengertian konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.Menurut pengertian Pasal 1 angka 2 UU PK, “Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga,, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
            Untuk membuat konsumen kopi,PT.Kapal Api sangat menjaga citra dan rasa kopinya,serta mengeluarkan produk baru bagi kepuasan konsumennya.Hal inilah yang membuat PT.Kapal Api mampu bersaing sampai saat ini.
            Di dalam proses pemuasan konsumen tidak lepas dari pemanfaatan teknologi media baik itu Tv,internet,maupun media cetak untuk pemasarannya dalam menanamkan persepsi brand kepada calon konsumen.


BAB II

PEMANFAATAN MEDIA DALAM PROMOSI


2.I  Pemanfaatan Media
           
            Media Promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu
produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Media promosi yang paling tua adalah media dari mulut ke mulut. Media ini memang sangat efektif, tetapi kurang efisien karena kecepatan penyampainanya kurang bisa diukur dan diperkirakan.
            Media promosi yang klasik berupa; brosur, poster, booklet, leaflet, spanduk, baliho,
billboard, neon box, standing banner, kartu nama, kop surat, seragam pegawai, jam dinding, poster di mobil/truk, piring/gelas, iklan di tv, radio, spanduk terbang (ditarik pesawat), balon udara, iklan di media cetak, daftar menu, daftar harga dan sebagainya.

2.2  Promosi Melalui Media

            Penggunaan media sebagai alat promosi saat ini sangat efisien karena hampir semua masyarakat di indonesia menggunakan media internet dan elektronik,sehingga kemungkinan besar keberhasilan saat promosi dan penanaman brand kepada masyarakat sangat berpeluang besar,salah satunya adalah penggunaan media sebagai berikut :
a.       New Media atau Media Internet
Memperkenalkan Produk Baru Melalui WebSalah satu alat promosi terbaik lainnya adalah melalui dunia maya alias internet. Di web kopi Kapal Api ini bila ada produk kopi terbaru maka akan di share. Begitu juga dengan iklan yang baru launching di televisi akan di share melalui web resmi kopi Kapal Api.
Banyak Kuis yang Diadakan di Twitter atau di Facebook


Bagi yang suka gratisan tanpa mengeluarkan uang, ikut kuis melalui official account twitter Kapal Api juga akan menambah konsumen. Cara untuk mengikuti kuis ini salah satunya kita harus men-twitpict atau meng-upload foto kita saat menikmati kopi Kapal Api. Tentunya hal ini merupakan strategi jitu untuk membidik pasar konsumen dengan cara yang mudah dan tentunya tidak mengeluarkan biaya pemasaran yang cukup mahal. Media social ini juga akan lebih mendekatkan dan tau apa saja keluhan konsumen agar nantinya keluhan tersebut bisa ditindaklanjuti yang nantinya akan menjaga kualitas produk Kapal Api tersebut.

           















b.      Media Elektronik Iklan di Televisi
              
Salah satu cara marketing yang sangat ampuh adalah iklan melalui saluran televisi. Apalagi ditambah dengan artis yang sedang “naik daun” dan tentunya mempunyai pengaruh yang besar di masyarakat. Seperti Agnes Monica dan Glen Freadly.  Maka itu akan menjadi nilai jual yang lebih bagi produsen
           
c.       Papan Iklan Digital
Promosi menggunakan papan iklan digital merupakan terobosan terbaru untuk menarik pelanggan yaang berada di jalan raya,hal ini menarik karena menggunakan audio visual seperti iklan yang berada di televisi.
      Serta dengan terobosan terbaru ini dapat di artikan bahwa PT.Kapal Api sangat mengedepankan pemanfaatan media dalam menjalankan promosi pemasaran produknya.










2.3  Interpersonal atau Pemasaran Langsung
           
Mendirikan Tennant

                  
Inilah salah satu bahwa kopi Kapal Api sebagai brand no 1 kopi di Indonesia. dengan banyaknya orang yang datang dan mengantri untuk menikmati kopi Kapal Api secara langsung. Tempat ini juga bisa sebagai tempat ngumpulnya pecinta kopi khususnya Kapal Api.Mall sebagai sarana untuk melepaskan penat apalagi ditambah dengan minum secangkir kopi. Ini benar-benar bisa dikatakan relaksasi sambil cuci mata.

            Melakukan Event Langsung ke Konsumen
           
Salah satunya seperti gambar diatas merupakan salah satu cara Kapal Api menarik konsumennya yaitu dengan melakukan event seperti pada saat car free day atau terjun langsung ke lapangan memberikan bingkisan kepada konsumen yang lewat. 



2.4  Produk
Untuk mengetahui produk Kapal Api Saya akan menjelaskan sekalian sejarah PT Santos Jaya Abadi – Kopi kapal Api.PT Santos Jaya Abadi mewarisi tradisi sekental kopinya. Sebagai usaha keluarga pemilik merk kopi terbesar di Indonesia, akar perusahaan ini mulai tumbuh dari sebuah industri rumah tangga sederhana di Surabaya, di mana lebih dari 79 tahun silam pada tahun 1927, Sang Pelopor Go Soe Loet memproduksi kopi terkenalnya.
Pada tahun 1970, perusahaan melakukan perkembangan sekaligus perubahan. Generasi kedua mulai tampil untuk memastikan kelanjutan dan kesuksesan usaha dengan memperkenalkan mesin dan peralatan mutakhir, mengembangkan manajemen, meningkatkan keterampilan tenaga kerja serta memperluas penyebaran produk hingga tersedia di seluruh Jawa Timur.
Tahun 1980 kami membangun pabrik yang sekarang berada di Sepanjang, Sidoarjo, Jawa timur. Pada tahap ini, merk Kapal Api telah menjadi penyangga utama perusahaan yang tersebar rata di seluruh Indonesia sekaligus menjadi pemimpin pasar dengan rangkaian produk lengkapnya.
Melanjutkan sukses merk Kapal Api dan demi kepuasan pelanggan, PT Santos Jaya Abadi memperkenalkan beberapa merk kopi lain yang juga berhasil meraih sukses di pasaran, yaitu Excelso, ABC, Good Day, Ya dan Kapten.
BAB III
KESIMPULAN

3.I  Kesimpulan Strategi Pemasaran
            Strategi pemasaran Kapal Api sangat efektif dalam melaksanakan kegiatan promosi baik dalam memuaskan konsumen dan penyampaian brand kepada khalayak,dengan menggunakan 3 media yang banyak digunakan dan di lihat oleh masyarakat indonesia pada umumnya.
3.2  Kesimpulan Pemanfaatan Media Dalam Promosi
            Kopi Kapal Api berhasil dalam mengoptimalkan strategi marketing mix untuk memenuhi kepuasaan pelanggan. Inovasi produk terus dilakukan dengan differensiasi produk dengan variasi rasa dan harga yang terjangkau konsumen. Konsumen diberi kemudahan untuk memperoleh produk di pasar dan tetap menjaga dan meningkatkan konsumen dengan menayangkan iklan maupun mengadakan kegiatan-kegiatan yang inovatif.


Postingan terkait: