KONSEP DASAR BUDAYA


KONSEP DASAR BUDAYA
Kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta  yaitu Budi dan Daya. Budi yang berarti akal, pikiran, cara berpikir atau pengertian sedangkan daya yang berarti kekuatan atau upaya-upaya dari hasil-hasil.
Istilah-istilah dalam budaya diantaranya sebagai berikut.
1.      Ras
Menurut Hernandes (1989), ras mengacu pada cara suatu kelompok masyarakat menggambarkan dirinya sendiri atau digambarkan ol eh orang lain sebagai hal yang berbeda dari manusia lainnya karena karakteristik fisik bawaan yang di asumsikan.
2.      Etnis
Etnis merupakan warisan budaya dari sekelompok orang tertentu. Etnis membedakan dan menyamakan individu/anggota kelompok dalam hal sejarah, norma perilaku, bahasa dan berbagai karakteristik lainnya.
3.      Society (masyarakat)
Masyarakat merupakan intitusi social yang memiliki karakteristik structural yang jelas yang digambarkan dengan gaya hidup yang kemudian dianggap sebagai sutau budaya.
4.      Subculture
Subculture merupakan bagian dari masyarakat yang membentuk kelompok eksklusif atau kelompok tersendiri. Subculture merujuk pada sebuah populasi (sub) di dalam suatu masyarakat (mayor) yang memegang system budaya yang berkembang pada masyaakat mayor (umum). Contoh daripada subculture, yaitu:
a)      fenomena anak punk
b)      gank alay
c)      Korean style (K-pop)
d)     hijabers
e)      dan lain-lain
5.      Kelas Sosial
Kelas social mengacu pada stratifikasi (pengkelasan/penggolongan) berdasarkan criteria tertentu di dalam masyarakat, biasanya berdasar status social-ekonomi. Contohnya adanya gank anak-anak kaya dan gank anak-anak miskin/ tidak mampu di sekolah. Keberadaan gank ini tentu saja tidak layak di contoh karena pada dasarnya semua manusia itu sama di mata pencipta-Nya.




Postingan terkait: