HTML dan Website

2.1.     HTML
HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa dariWorld Wide Web yang dipergunakan untuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada programbrowser.
Tiap kali kita mengakses dokumen web, maka sesungguhnya kita mengakses dokumen seseorang yang ditulis dengan menggunakan format HTML. Beberapa orang merasa keberatan jika dikatakan HTML adalah sebuah bahasa pemrograman karena struktur yang dimilikinya dianggap terlalu sederhana, kode-kode dibaca oleh browser baris per baris, dari atas ke bawah. HTML juga tidak memiliki ‘looping’ seperti bahasa pemrograman lain. Pada HTML dipergunakan hyperteks link atau hubungan antara teks dan dokumen lain. Dengan demikian pembaca dokumen bisa melompat dari satu dokumen ke dokumen yang lain dengan mudah.
HTML adalah halaman web biasanya disusun dari kode-kode html yang disimpan dalam sebuah file berekstensi .html. File html ini dikirimkan oleh server (atau file) ke browser, kemudian browser menerjemahkan kodekode tersebut sehingga menghasilkan suatu tampilan yang indah. Lain halnya dengan program php, program ini harus diterjemahkan oleh webserver sehingga menghasilkan kode html yang dikirim ke browser agar dapat ditampilkan. Program ini dapat berdiri sendiri ataupun disisipkan di antara kodekode html sehingga dapat langsung ditampilkan bersama dengan kodekode html tersebut. Program php dapat ditambahkan dengan mengapit program tersebut di antara tanda <? dan ?>. Tanda Team tanda tersebut biasanya disebut tanda untuk escaping (kabur) dari kode html. File html yang telah dibubuhi program php harus diganti ekstensinya menjadi .php atau .php3 [5].

2.2.     Website

Pembuatan website pada umumnya menggunakan bahasa PHP.Hypertex Preprocessor (PHP) adalah skrip yang berjalan dalam serverside yang di tambahkan dalam HTML. PHP itu sendiri merupakansingkatan dari Personal Home Page Tools. Skrip ini akan membuatsuatu aplikasi dapat di integrasikan kedalam HTML sehingga suatuhalaman HTML tidak lagi bersifat statis, namun menjadi besifat dinamis.Sifat server side ini membuat pengerjaaan skrip tersebut dikerjakandi server sedangkan yang dikirimkan kepada browser adalah hasil prosesdari skrip tersebut yang sudah berbentuk HTML [5].

Postingan terkait: